Panduan Pemasangan Power Supply Untuk CCTV

Pemasangan CCTV membutuhkan suplai listrik berupa adaptor ataupun power supply (PSU), perbedaan PSU dengan adaptor dalam  instalasi  adalah adaptor bisa dipasang langsung ke sumber listrik tanpa perlu repot menyusun dan memasang kabel yang banyak dari Kamera CCTV sedangkan PSU diharuskan penyesuai arus dc dengan adjustable, menyusun plus dan minus kabel dc kamera.

Power supply CCTV memiliki banyak jenis yang diukur dengan satuan amper diantaranya adalah Power Supply 10 Ampere 12 Volt
(10A 12V),  Power Supply 20 Ampere 12 Volt (20A 12V), Power Supply 30 Ampere 12 Volt (30A 12V). Dipasaran saat ini banyak jenis yang bisa dipilih dan anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda.

Pada gambar tersebut terlihat tanda L dan N yaitu sebagai sumber listrik dari PLN, Grounding pada sisi samping.  sedangkan  +v dan -v merupakan arus DC +/- pada kamera  CCTV anda.

Setelah mengetahui tempat penyusunan kabel kita lanjut ke pemasangan,

  • yang perlu anda lakukan adalah memasang kabel untuk dicolokkan sumber listrik PLN pastikan menggunakan kabel standar untuk arus listrik.
  • anda bisa membuat kabel grounding yang nanti dipasangkan ke tembok atau membuat grounding ke tanah.
  • Kabel DC –V digunakan untuk kabel minus dari CCTV bila banyak kabel bisa disatukan pada satu tempat tidak masalah.
  • Kabel +V digunakan untuk kabel plus dari CCTV bila banyak kabel bisa disatukan pada satu tempat tidak masalah

Terakhir pengaturan adjustable arus, untuk gambar berikut ini merupakan adjustable dan lampu led power supply  pengetesan arus dc +/- sebesar 12V jika kurang atau lebih bisa mengatur pada adjustable agar keluaran sesuai sebesar 12V. untuk gambar B merupakan pengetesan menggunakan multitester digital,gunakanlah multitester yang anda ketahui yang beredar saat ini seperti multitester digital ataupun analog.

by :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.